beLajaR TenTang IP di LinuX

Posted by Achmad Fauzi On Jumat, 03 Juni 2011 0 komentar

nah kli ini saya mau menjelaskan tentang Ip di linuX. ya mudah-mudahan bermanfat bagi kalian yang mau menyimak na. dah langsung aja gan, bekecot....

Seperti windows, linux pun bsa membuat suatu jaringan komputer, misal'y jaringan peer to peer atau client-server.

Sama seperti pada windows, hal yg pertama kali di lakukan untuk membuat suatu jaringan komputer pada linux yaitu mensetting IP address.

Sedikit informasi, IP address adalah alamat logika yang diberikan ke peralatan jaringan yg menggunakan protokol TCP/IP, terdiri dari 32 bit - 128 bit. Sepertinya kalau masalah IP ini sudah banyak yg paham, karena cara menentukan IP address pada linux sama saja seperti pada windows, jadi saya akan langsung saja membahas tentang cara mensetting IP. Ada 2 cara mensetting IP address pada linux, pertama lewat console, dan yang kedua lewat gui dextop.



Setting IP via konsole :
Pertama yang harus d lakukan tentunya adalah masuk dulu ke dalam konsole dgn cara klik kanan pada desktop lalu pilih open terminal. Nah setelah itu, langkah2 yg perlu dilakukan adalah sebagai berikut

- mengaktifkan interface jaringan : # /etc/init.d/network start

- mensetting IP : # ifconfig eth0 IP address netmask subnetmask
Contoh : # ifconfig eth0 192.168.0.1 netmask 255.255.255.0

- mensetting gateway : # route add default gw IP address
Contoh : # route add default gw 192.170.14.27

- mengecek koneksi : # ping IP address

- melihat komputer yang terkoneksi : # arp


Selain cara di atas, Mensetting IP via konsol juga dapat dilakukan dengan cara sbb : setelah masuk ke dalam konsole, ketik "setup" kemudian enter, nah setelah di enter pasti akan ada tampilan untuk mensetting IP.

0 komentar:

Posting Komentar